Pemkab Jayapura bahas kesiapan KTNA ikut Penas petani nelayan XVI 2023

Jayapura – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat membahas kesiapan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di wilayah itu untuk mengikuti Pekan Nasional Petani Nelayan XVI 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Rudi Afdiner Saragih dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan merupakan agenda rutin nasional dan wajib diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Apalagi menurut rencana Penas XVI Kontak Tani Nelayan Andalan tingkat nasional pada 2023 akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo,” katanya.

Menurut Saragih, pertemuan bersama pengurus KTNA Kabupaten Jayapura pada 18 Januari 2023 merupakan rapat penyusunan tim delegasi beserta anggota dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk dipamerkan pada ajang tersebut.

“Dan juga mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai lomba pada saat Penas XVI di Padang,” ujarnya.

Dia menjelaskan Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengharapkan prestasi yang sudah diraih di mana Provinsi Papua untuk pertama kali mendapatkan juara umum dalam 15 tahun kegiatan Penas agar ditingkatkan.

“Karena Kabupaten Jayapura merupakan motor penggerak di Provinsi Papua sehingga pada Penas XVI di Kota Padang prestasi itu ditingkatkan supaya Kabupaten Jayapura ini tetap merupakan motor untuk Papua dibantu juga kabupaten lain,” katanya.

Dia menambahkan konsep yang akan diusung oleh kontingen Kabupaten Jayapura pada Penas XVI Padang ialah lebih kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat adat sesuai dengan dinamika pembangunan di bumi ‘Kenambai Umbai’ tersebut.

“Untuk itu pameran akan kami buat dengan tema pemberdayaan ekonomi masyarakat adat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kabupaten Jayapura Adolof Yoku mengatakan seluruh produk unggulan dari wilayah itu perlu dipersiapkan dengan baik.

“Sehingga diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) fokus pada produk unggulan yang akan kami bawa ke Padang namun juga tim kami juga harus kompak dan solid karena kami membawa harum nama Kabupaten Jayapura,” katanya. (Ant)