PB IKA PMII: Selamat Hari Buruh, Semoga Indonesia Keluar Dari Krisis Karena Pandemi Covid 19

Foto: Istimewa

Jakarta – Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA PMII) mengajak semua pihak menjadikan momentum Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, untuk membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid 19.

“Selamat Hari Buruh, kami ucapkan kepada teman-temen buruh dan pekerja. Pada peringatan hari buruh ini, mari kita bahu membahu memberikan peran untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid 19,” ujar Sudarto, Bendahara Umum PB IKA PMII, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Sudarto, pandemi menyebabkan sejumlah perusahaan gulung tikar. Dampaknya, tak sedikit buruh atau pekerja yang diberhentikan. Sehingga semua pihak harus saling mengerti keadaan yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Kita yakin, saat ini kita sedang berusaha bangkit dari keterpurukan ekonomi. Dengan dukungan dari teman-teman buruh, saya yakin Indonesia mampu keluar dari krisis ini,” jelasnya.

Selanjutnya, Sudarto juga meminta para pihak memberikan dukungan kepada Pemerintah dan tidak semena-mena terhadap para buruh.

“Pemerintah telah memberikan banyak stimulus sebagai bentuk dukungan terhadap berbagai sektor usaha. Harapannya, pengusaha juga tidak asal putus kontrak teman-teman buruh, ” ujarnya.

Selain itu Sudarto menjelaskan bahwa buruh memiliki peran yang cukup signifikan dalam pemulihan ekonomi nasional. Harapannya, para pihak harus saling bekerjasama.

“Hubungan buruh, pengusaha, dan pemerintah harus terus terjalin harmonis,” ujar Sudarto lagi.

Mantan Bendahara Umum PB PMII tersebut pun mengimbau agar kelompok buruh tidak menggelar aksi demo dalam memperingati Hari Buruh.

“Selain sedang menjalankan ibadah puasa, jumlah penderita Covid 19 juga meningkat. Kita khawatir akan menciptakan cluster baru penularan Covid 19. Tapi, kalaupun terpaksa harus turun ke jalan, kita berharap teman-teman buruh tetap perhatikan protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran virus,” saran Sudarto. (A1)