Kemenparekraf Luncurkan Platform WonderVerse Indonesia Dukung Promosi Parekraf di Dunia Virtual

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan platform WonderVerse Indonesia untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif dan mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia melalui sarana virtual. Menparekraf Sandiaga saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (9/10/2023) menjelaskan perkembangan dunia virtual menjadi perbincangan hangat dalam beberapa tahun terakhir dan kini mahakarya anak bangsa bernama WonderVerse Indonesia telah hadir untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi mempromosikan produk-produk mereka secara digital. “Kita harus menangkap peluang ini sebab ada potensi 800 miliar dolar AS di dunia digital, kita membangun sebuah paradigma baru bahwa kita berpromosi melalui dunia gaming, salah satunya disebut dunia Metaverse, untuk itu kita launching WonderVerse Indonesia, di mana saat ini kita bisa bermain mini-game di dalam WonderVerse Indonesia sekaligus sudah bisa membeli tiket pesawat, produk UMKM, menonton musik secara virtual,” katanya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, membangun WonderVerse Indonesia ini tidaklah mudah. Seluruhnya memerlukan proses riset, pengerjaan yang bertahap, dan pembaruan secara berkala untuk memperkaya konten di dalamnya. “Sekarang saatnya kita, bangsa Indonesia, menangkap peluang tersebut agar bisa memberikan dampak yang luas bagi perekonomian di Indonesia,” ujarnya. Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu menjelaskan, WonderVerse Indonesia terdiri dari beberapa fitur dunia digital, yaitu Lobby, WonderReal, WonderGoods dan WonderFun. “Masing-masing fitur memiliki fungsinya tersendiri. Lobby merupakan tempat berinteraksi pertama kali dengan pengguna (user) lain, melihat berbagai satwa Indonesia dan dapat berinteraksi dengan virtual assistance Bernama Maia, WonderReal merupakan etalase promosi pariwisata Indonesia dengan fitur video dan image 360 serta tempat pembelian tiket pesawat, WonderGoods merupakan etalasi promosi ekonomi kreatif Indonesia yang terdiri dari berbagai UMKM dan jenama (brand), serta WonderFun merupakan tempat user memainkan mini-games, menonton tarian serta konser music dan berbagai keseruan lainnya” katanya.

Sementara itu, Chief Operating Officer Volare Advertising Network Pradhana H.S menjelaskan, data per hari ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 70 persen di mana kurang lebih 10 persen di antaranya sudah menggunakan platform gaming dalam dunia open world dan Metaverse. Ini menjadi peluang karena mereka setiap hari bertransaksi melakukan interaksi dan berkumpul di dunia maya tersebut. “Platform ini berfungsi sebagai fasilitator para pelaku di industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di dunia digital, khususnya untuk mempromosikan produknya ke dalam dunia gaming, dengan harapan untuk mempromosikan Indonesia guna meningkatkan potensi jumlah kunjungan calon wisatawan dan juga meningkatkan dan mempromosikan semua bidang ekonomi kreatif terutama fesyen, kuliner, dan kriya. Harapannya platform ini menjadi fondasi bagi Indonesia untuk terus berkembang di era persaingan dunia digital dengan berbagai negara lain,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, VP of Marketing PT. Garuda Indonesia, Fitria Ruswita menjelaskan bahwa pihaknya mengapresiasi kolaborasi yang terjalin di mana Garuda menjadi partner yang diharapan bisa turut mengambil peran dalam upaya meng-ekspose sektor pariwisata di Indonesia. “Promosi ini bukan hanya untuk saat ini saja tetapi untuk masa depan kita, diharapkan kerja sama ini bisa menggeliatkan sektor pariwisata dengan cara yang berbeda,” katanya. WonderVerse Indonesia saat ini sudah terintegrasi dengan Garuda Indonesia serta dalam pengembangan bersama Warner Music Indonesia, dan JakCloth. Adapun beberapa mitra UMKM yang juga sudah bekerja sama dengan WonderVerse Indonesia mencakup 3 sub sektor utama ekonomi kreatif yaitu fesyen, kriya, dan kuliner. Selain itu, WonderVerse Indonesia juga akan terintegrasi dengan Payment Gateway System untuk memaksimalkan proses pembayaran. “Kami berharap dapat mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut mengembangkan dan berpartisipasi langsung di dalam WonderVerse,” katanya. Ia berharap seluruh stakeholder termasuk UMKM, produsen produk lokal, dan seluruh pemangku kepentingan mau bergabung dalam WonderVerse Indonesia, yang dapat diakses di www.wonderverseindonesia.com. WonderVerse juga dapat diunduh khususnya bagi pengguna Smartphone Android yang mendapatkan early access version di Google Play Store. (Red)