GDPS Perkuat Daya Saing di Tengah Ketatnya Persaingan Global

Tajam.co.id, Tangerang – PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS), bagian dari Garuda Indonesia Group, menegaskan posisinya sebagai salah satu perusahaan Business Process Outsourcing (BPO) nasional yang siap bersaing di tengah ketatnya persaingan global.

Meskipun berusia relatif muda, GDPS menunjukkan kelincahan dan kemampuan beradaptasi yang tinggi untuk memberikan layanan berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan beragam customer dari berbagai industri.

Sejalan dengan pertumbuhan bisnis, GDPS tidak hanya berfokus pada penyediaan tenaga kerja, tetapi juga melakukan transformasi bisnis menjadi penyedia dukungan bisnis proses berbasis Service Level Agreement (SLA). Melalui pendekatan ini, GDPS mengambil alih pengelolaan proses bisnis pendukung, sehingga customer dapat lebih fokus pada core business mereka, sekaligus memperoleh efisiensi biaya dan peningkatan kualitas layanan.

“Transformasi menuju penyedia dukungan bisnis proses berbasis SLA sudah kami implementasikan di beberapa customer di group. Pendekatan ini mendorong adanya efisiensi biaya customer serta peningkatan kualitas layanan, karena yang sebelumnya dihitung per individu kini diukur berdasarkan outcome yang lebih jelas berbasis perhitungan SLA,” ujar Direktur Utama PT GDPS Cornelis Radjawane dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (11/10/2025).

Selain memperkuat model bisnis, GDPS juga mengintegrasikan inovasi digital dalam setiap layanan. Digitalisasi kini menjadi pilar penting perusahaan untuk memastikan operasional yang lebih efisien, akurat, dan terukur. Beberapa inovasi yang telah dikembangkan oleh GDPS antara lain adalah adanya sistem monitoring penjualan, yang memungkinkan customer memantau kinerja penjualan secara real time sehingga target lebih mudah dicapai.

GDPS juga mengembangkan aplikasi Beyond Care yang merupakan platform manajemen tenaga kerja berbasis web dan mobile. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang dapat dikustomisasi sesuai dengan sektor dan kebutuhan spesifik setiap pelanggan. Melalui aplikasi ini, customer dapat memantau aktivitas kerja dan memberikan persetujuan terkait lembur, cuti, serta clock-in/clock-out karyawan.

“Digitalisasi merupakan langkah GDPS untuk menyambut perkembangan teknologi di tengah ketatnya persaingan bisnis. Melalui hal ini, kami memiliki keunggulan kompetitif yang dapat memberikan added value yang dapat membantu customer dalam menjalankan bisnisnya menjadi lebih efisien.” tambah Cornelis.

Dengan adanya transformasi bisnis dan inovasi digital yang berkesinambungan, GDPS optimis dapat terus menghadirkan layanan outsourcing terbaik sekaligus memperkuat kontribusi terhadap efisiensi bisnis dan nilai tambah bagi customer.

Ke depannya, GDPS terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan melalui digitalisasi dan meningkatkan kompetensi tenaga alih daya. Dengan demikian, GDPS siap menjadi mitra strategis yang dapat diandalkan oleh perusahaan di berbagai sektor dalam meningkatkan efisiensi customer, sekaligus menjadi perusahaan dukungan bisnis yang mampu bersaing secara global. (Red)