Dampingi Menko Perekonomian Bertemu CEO TikTok, Menpora Dito Ingin TikTok Ikut Dukung Pengembangan UMKM dan Generasi Muda di Indonesia

Jakartav– Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo hari Rabu (14/6) siang mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menerima CEO TikTok, Shou Zi Chew di Lantai 3 Kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

Menpora Dito menyampaikan bahwa, pada pertemuan tersebut Menko Perkonomian diskusi dan saling bertukar pikiran terkait perkembangan dunia digital baik di dunia dan di Indonesia.

“Saya hari ini bersama Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto bertemu sekaligus makan siang bersama CEO Tiktok Shou Zi Chew. Alhamdulilah pada pertemuan tersebut kita sudah ngobrol banyak terkait perkembangan dunia digital bahkan sampai ke geo politik internasional,” ujar Menpora Dito usai pertemuan.

Menpora yang baru berusia 32 tahun tersebut mengatakan CEO TikTok juga menyampaikan komitmennya untuk investasi dan pengembangan pemuda di Indonesia. “Tadi CEO Tiktok sudah menyampaikan komitmenya untuk investasi lebih banyak di Indonesia, khususnya mengembangkan UMKM dan juga komitemen pengembangan generasi muda di Indonesia,” tambahnya.

Bagi Menpora Dito, pengembangan investasi di Indonesia sangat penting untuk membangkitkan ekonomi Indonesia, apalagi pengguna TikTok sangat banyak.

“Karena pengguna TikTok di Indonesia adalah nomor dua secara global atau di dunia. Ini nampaknya secara global TikTok akan lebih fokus lagi di Indonesia dan juga untuk pengembanganya,” ujar Menpora Dito.

CEO TikTok Shou Zi Chew adalah pria kelahiran Singapura pada 1 Januari 1983. Karier Chew mulai berkembang sejak bergabung dengan perusahaan modal ventura, DST Global. Chew ditunjuk untuk memimpin tim investor di ByteDance, perusahaan yang akhirnya mengembangkan platform media sosial TikTok pada 2013.

Chew kemudian bergabung dengan perusahaan Xiaomi pada 2015. Saat itu ia mengisi posisi sebagai Chief Financial Office (CFO) sebelum naik menjadi Presiden Bisnis Internasional Xiaomi pada 2019. Karier Chew di Xiaomi tak bertahan lama. Ia memutuskan keluar pada 2021. Shou Zi Chew akhirnya kembali ke ByteDance pada 2021 sebagai direktur keuangan. Pada tahun yang sama, Chew akhirnya menggantikan Kevin A. Mayer sebagai CEO TikTok sebelumnya. (Red)