ASEAN Goes to School Menyapa Siswa di Negeri Laskar Pelangi, Belitung

​Belitung, Indonesia – Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan “ASEAN Goes to School” di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, untuk mensosialisasikan ASEAN dan Keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun 2023.

Kegiatan ASEAN Goes to School dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pertemuan ke-7 ASEAN High Level Task Force on ASEAN Community’s Post 2025 (HLTF-ACV) di Belitung tanggal 18-20 Maret 2023 yang mengundang 22 Pejabat Senior ASEAN.

Bertempat di Rimba Alam Bahagia, Desa Kacang Butor, Kabupaten Belitung, para Diplomat Indonesia berinteraksi dengan 76 siswa Sekolah Dasar Keluarga Universal dan Sekolah Dasar Negeri 07 Badau. Turut hadir narasumber tamu, seorang Diplomat dari Malaysia, Ms. Aadela Melati Ahmad Termizi, yang berbagi pengalaman sebagai diplomat.

Antusiasme para siswa terlihat dari partisipasi aktif selama acara berlangsung. Perwakilan Pemerintah Kabupaten Belitung yang hadir juga memberikan apresiasi dan tanggapan positif, serta berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara lebih luas di Kabupaten Belitung, yaitu pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, khususnya untuk menyambut tahun Komunitas ASEAN 2025.

Pada akhir acara, pihak Kemlu menyampaikan bahan materi ajar ASEAN tingkat SD dan SMP kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, serta Kepala Sekolah SD Keluarga Universal dan SD Negeri 07 Badau.​ (Red)