350 Perencana Kemenag Ikut Rakernas Pokjanas di Prapat Sumatera Utara

Prapat – Biro Perencanaan Kementerian Agama melaksanakan Rapat Kerja Nasional Pokjanas dan Pokja Provinsi Jabatan Fungsional Perencana di Lingkungan Kementerian Agama tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Prapat, Sumatera Utara berlangsung mulai 15-18 Mei 2023.

Kegiatan yang diikuti 350 perencana Kemenag ini, mengusung tema ‘New Regulation, New Era, New Goals, Leading to Great Planners’. Rakernas dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana/Bappenas Wigno Adiyoso didampingi, Ketum Pokjanas Kemenag RI Agus Sunaryo, Kakankemenag Simalungun Ahmad Sofian dan Kasubbag TU Biro Perencanaan Kemenag RI Yudi Okriyansyah.

“Saya mengapresiasi Kementerian Agama, dari sisi jumlah perencana sangat banyak dibanding Kementerian lainnya. Semangat dari Rakernas Pokjanas ini sangat luar biasa,” kata Wigno Adiyoso, di Prapat, Senin (15/05/2023).

“Perencana di Kemenag sangat lincah dan adaptatif terhadap perubahan dan perkembangan perencana. Menyikapi sistem baru sangat baik, untuk terus dapat meningkatkan kualitas perencana seluruh Indonesia secara umum,” sambung Wigno Adiyoso.

Wigno Adiyoso mengharapkan agar Kementerian Agama selalu menjadi yang terdepan dalam merespons semua kebijakan yang berkembang. Dinamika dan tuntutan untuk perencana yang berkualitas terus dikembangkan. Perencanaan tidak lagi bisa bekerja secara klasik, namun harus ada metode yang dapat merespons cepat.

“Jangan pernah berpuas diri untuk terus meningkatkan kualitas masing-masing, dan terus tingkatkan koordiasi dengan perencana lainnya. Apresiasi kepada Perencana Kemenag. Dan teruslah menjadi bagian penting dari PPPI yang ada. Anggota Perencana Kemenag menjadi yang mendominasi,” kata Wigno Adiyoso.

Selain itu, lanjut Wigno Adiyoso, peserta Rakernas ini dapat memberikan sumbang saran terkait perubahan dinamika, regulasi dan kebijakan, semisal terkait kontrol kualitas para perencana.

“Saya berharap, saran masukan rekomendasi terkait, peran pembina, institusi dan atasan, agar ada landasan yang obyektif dalam penilaian atasan kepada bawahan. Selamat melaksanakan Rapat Kerja dan menghasilkan kebaikan kepada institusi dan bangsa,” tegas Wigno Adiyoso.

Ketua Umum Pokjanas Kemenag RI, Agus Sunaryo menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional jabatan fungsional perencana kali ini akan membahas dan mendiskusikan berbagai hal terkait implementasi regulasi baru, rencana kerja, program dan anggaran, pada Satuan Kerja pusat dan daerah.

“Semoga Rakernas ini dapat menghasilkan rancangan program dan anggaran, rekomendasi, masukan yang lebih terarah, terukur dan relevan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mewujudkan program kerja serta peningkatan kinerja pejabat fungsional perencana,” kata Agus Sunaryo.

Agus Sunaryo juga melaporkan saat ini jumlah pejabat fungsional perencana di Kementerian Agama yang terbanyak dari K/L lainnya.

“Perencana Kementerian Agama sebanyak 1.300 orang perencana, dengan rincian 1.150 orang sudah definitif, dan 150 orang belum memiliki SK,” kata Agus Sunaryo.

Mewakili Kanwil Kemenag Sumut, Kakankemenag Simalungun, Ahmad Sofian mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Raker Pokjanas di Kota Prapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Simalungun merupakan Kabupaten terbesar di Sumatera Utara dengan sebanyak 32 Kecamatan dengan kehidupan keagamaan yang berjalan cukup baik dan kondusif.

“Selamat datang di Prapat. Selamat melaksanakan Raker bagi para semua Perencana Kemenag yang hadir,” kata Ahmad Sofian.

Tampak hadir Kepala Biro Perencanaan diwakili Kasubbag TU Biro Perencanaan Kemenag RI, Yudi Okriyansyah, para pejabat Eselon III dan IV, dan Para Pejabat Fungsional Perencana melalui media online.

Pada Rakernas Pokjanas ini dilakukan juga Launching Jurnal OJS Gema Perencana sebagai wadah para perencana untuk dapat menyalurkan keahliannya dalam menulis sekaligus media perkembangan informasi tentang perencana. Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian ‘Pokjanas Awards’. Adapun penghargaan diberikan kepada :

Pokja dengan Kategori ‘Sangat Baik’
1. Pokja Jawa Tengah
2. Pokja Jawa Timur
3. Pokja Sulawesi Selatan dan Barat
4. Pokja Sulawesi Tenggara
5. Pokja Aceh

Pokja dengan Kategori ‘Baik’
1. Pokja DI Yogyakarta
2. Pokja Bali
3. Pokja Jambi
4. Pokja Bengkulu
5. Pokja NTB
6. Pokja Kepulauan Riau
7. Pokja Lampung
8. Pokja Kalimantan Barat
9. Pokja Maluku dan Maluku Utara
10. Pokja Kalimantan Selatan

(Red)