Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Mozambik Gunakan Keragaman Budaya untuk Perkuat Kerja Sama

Jakarta – Mengawali kunjungan perdananya di Maputo, Presiden Joko Widodo menghadiri undangan Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi dalam acara pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik yang digelar di Lapangan Asosiasi Black Bulls, Maputo, Republik Mozambik, pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Mozambik untuk saling menghargai keberagaman budaya yang ada serta menjadikan perbedaan menjadi sebuah kekuatan untuk mempersatukan bangsa.

“Mari kita gunakan keberagaman budaya ini untuk mempersatukan kita, mari kita gunakan keberagaman budaya ini untuk memperkuat kerja sama antara rakyat kita,” ucapnya di hadapan masyarakat Mozambik.

Seperti Mozambik, Presiden juga menyebut bahwa Indonesia merupakan rumah dari keberagaman budaya dimana masyarakatnya saling menghargai perbedaan yang ada.

“Indonesia juga merupakan rumah dari keberagaman budaya, kita menghargai perbedaan, kita menghargai setiap kebudayaan yang ada di masyarakat,”
tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kunjungan perdananya ke Mozambik menjadi lebih istimewa karena dapat menghadiri acara kebudayaan nasional tersebut.

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya diundang dalam acara kebudayaan nasional, ini menjadi kunjungan saya ke Mozambik menjadi lebih spesial,” ucap Presiden di hadapan masyarakat Mozambik.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Nyusi juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kunjungannya ke Mozambik.

“Saya ingin berterima kasih kepada sahabat saya, yang terhormat Presiden Republik Indonesia yang telah datang mengunjungi Mozambik,” ucap Presiden Nyusi. (Red)