Representasikan Upaya Pencegahan Korupsi, Itjen Kemnaker Gelar Raker 2023

Semarang – Dalam rangka meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan sinergi yang efektif dan efisien, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Ketenagakerjaan, menggelar Rapat Kerja Tahun 2023, di Kota Semarang, Jawa Tengah, 20-23 Juni 2023.

Dalam sambutan pembukaan raker secara virtual, pada Selasa, (20/6/2023) malam, Inspektur Jenderal Kemnaker, Estiarty Haryani mengungkapkan, integritas merupakan suatu keutamaan, karena merepresentasikan kejujuran, pengendalian internal, yang menjadi indikator upaya pencegahan korupsi.

Pada Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022, indeks integritas Kemnaker memperoleh skor sebesar 74,64, sedangkan untuk skor integritas, Kemnaker berada di atas rata-rata nasional, yakni 71,94.

Estiarty menjelaskan, terkait  peningkatan pengawasan internal yang akan membawa Kemnaker meraih kembali status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Itjen Kemnaker mempunyai peran, yaitu melakukan kegiatan penjaminan (assurance), dan juga memberikan konsultasi, nasehat serta saran kepada para mitra melalui kegiatan konsultansi (consulting) yang independen dan objektif.

“Dengan demikian, insan-insan auditor di Itjen Kemnaker harus profesional, mengerti semua masalah, serta paham akan kondisi dan aturan,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Estiarty menambahkan, melalui raker Itjen 2023, diharapkan dapat menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan Inspektorat Jenderal Tahun 2024 mendatang. “Jadikan¬† raker ini sebagai media internalisasi, ruang komunikasi untuk meningkatkan kapasitas, serta media apresiasi,” tutupnya. (Red)