Mendag dalam Markas UMKM Shopee Indonesia

Jakarta – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menjadi bintang tamu dalam acara Mari Ngobrol Santai Bersama UMKM (Markas UMKM) Shopee Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Rabu (29 Mar).

Dalam kesempatan tersebut, Mendag menyampaikan pesan-pesan kepada UMKM Indonesia serta program-progran pemerintah dalam mendukung peningkatan daya saing UMKM, khususnya dalam perdagangan daring.

Mendag menyampaikan, peluang pasar niaga elektronik di Indonesia sangat besar. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang telah memiliki akses terhadap internet yang mencapai 202,6 juta penduduk.

Mendag menambahkan, menurut data SEA Economy Report 2023, penggunaan niaga elektronik pada 2023 akan meningkat sebesar 32%.

Lebih lanjut Mendag menjelaskan, melihat banyaknya konsumen yang beralih melakukan pembelian dengan pemanfaatan teknologi digital seperti media sosial dan niaga elektronik, hal tersebut memberikan peluang keuntungan yang signifikan bagi UMKM.

Mendag mengapresiasi kehadiran Shopee yang dapat menyediakan ruang bagi produk-produk Indonesia karena menjadi salah satu faktor penting bagi penguatan kapasitas dan pemberdayaan UMKM serta perkembangan ekonomi digital Indonesia. (Red)