Kemendag Teken Kerja Sama dengan Pertamina

Jakarta – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi menandatangani kesepakatan bersama dengan Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya Satyamurti Poerwadi tentang Pembinaan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Ekspor Dalam Rangka Pengembangan Ekspor di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Kamis (22 Juni).

Ruang lingkup kerja sama tersebut yaitu peningkatan kapasitas pelaku usaha di bidang ekspor serta pelaksanaan promosi dagang pelaku UKM untuk memperluas pasar ekspor.

Dirjen Didi menyampaikan bahwa kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) merupakan pengejawantahan komitmen Kementerian Perdagangan untuk berkolaborasi dengan BUMN untuk membangun ekosistem UKM yang tangguh, inovatif, dan berdaya saing tinggi di pasar global.

Melalui kerja sama ini, pelaku UKM binaan Pertamina dapat memperoleh fasilitasi peningkatan kapasitas melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ekspor, serta memperoleh kesempatan untuk mempromosikan produknya ke pasar global melalui berbagai kegiatan promosi yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Vice President CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman; Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Ganef Judawati; serta Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Marolop Nainggolan. (Red)