Apresiasi Prestasi Renang Indonesia, Menpora Dito Ingin Atlet PRSI Fokus ke Asian Games dan Olimpiade

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri malam apresiasi atlet dan pelatih akuatik peraih medali pada SEA Games Kamboja 2023, di The Convergence Indonesia, Rasuna Episentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/5) malam.

Apresiasi dan silaturahmi yang diinisiasi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) dihadiri langsung oleh Ketum Anindya Bakrie, dan memberikan kepada para atlet renang, polo air, dan loncat indah dengan sejumlah bonus uang. Adapun prestasi akuatik kali ini lebih baik dari SEA Games yang lalu, yakni dengan total 11 medali, yang terdiri dari 3 emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

“Ya saya dari Kemenpora mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum PB PRSI Mas Anindya Bakrie dan juga seluruh jajaran yang hari ini telah memberikan apresiasi dari pribadi PRSI untuk seluruh atlet dari emas sampai perunggu,” kata Menpora Dito.

“Dan ini merupakan itikad baik yang sangat menginspirasi dan membuat semangat para atlet anak muda lainnya,” tambahnya.

Disebutkan olehnya, akuatik khususnya cabor renang menjadi perhatian khusus karena berada pada cabor prioritas yang ditetapkan di DBON sebagaimana Perpres No 86 Tahun 2021.

“Seperti tadi yang saya bilang PRSI memiliki target yang sangat tinggi, tidak hanya SEA Games tetapi menuju Olimpiade. Ini ada di DBON dan sehari saya dilantik yang saya kunjungi pertama adalah pelatnas renang, alhamdulilah terget tercapai bahkan dapat dibilang melampaui, ada yang pecah rekor SEA Games,” ucapnya.

Sebelum Olimpiade ada Asian Games, Menpora Dito berharap para atlet terus bersemangat dan konsentrasi terus dalam berlatih, agar hasil maksimal di Asian Games membuat peluang-peluang besar menuju Olimpiade.

“Harapannya di Asian Games lebih banyak target yang lolos, lebih medali yang banyak dan itu bisa membuat posibility menuju Olimpiade-nya lebih tinggi,” tutupnya.

Sebelumnya dalam sambutannya, Ketum PB PRSI Anindya Bakrie menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menpora, karena kehadiran itu begitu bermakna guna memompa semangat para atlet.

“Saya terima kasih kepada Pak Menpora, karena bagi kita ini pemberi semangat yang luar biasa,” kata Ketum Anindya.

“Kalau Pak Menpora-nya datang dan memberikan semangat bahkan sehari menjabat langsung hadir di tempat renang di Aquatic Center, itu memberikan semangat dan mereka melihat semua ini ada kepedulian Pak Menpora, insyaallah ke depan akan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Perlu diketahui dari 11 medali akuatik yang diraih di SEA Games Kamboja 2023 ini, tersebar di Renang mendapatkan 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Untuk Loncat Indah, 1 perak dan 1 perunggu, sedangkan Polo Air Putra 1 perak dan Polo Air Putri 1 perunggu.

Adapun apresiasi yang diberikan, kepada peraih emas diberikan uang senilai 100 juta rupiah, perak 35 juta rupiah, dan perunggu 15 juta rupiah. Untuk Polo Air, perak 200 juta rupiah, dan perunggu 100 juta rupiah. Sedangkan untuk pelatih yang membawa medali emas bagi atletnya mendapatkan 60 juta rupiah.

Turut mendampingi Menpora, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Stafsus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra, dan Stafsus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono. (Red)