Kapolda Maluku tabur bunga untuk Pahlawan Martha Christina Tiahahu

Ambon – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif melakukan penaburan bunga untuk mengenang Pahlawan Martha Christina Tiahahu ke-205 tahun di laut Ambon.

Hal ini dilakukan usai Kapolda Maluku menjadi inspektur upacara ziarah dan tabur bunga di atas Dermaga Irian, Markas Komando Lantamal IX/Ambon.

“Bapak Kapolda Maluku tadi menjadi inspektur upacara ziarah dan tabur bunga untuk mengenang Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu. Upacara digelar di Dermaga Lantamal IX/Ambon,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat, di Ambon, Senin.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga dari atas dermaga oleh Kapolda Maluku, Kasdam Pattimura, dan Danlantamal Ambon.

“Upacara tabur bunga di laut ini merupakan bentuk penghormatan atas jasa pengorbanan Pahlawan Nasional asal Maluku yang ke 205 tahun,” ungkapnya.

“Semoga perjuangan Martha Christina Tiahahu dapat menjadi motivasi dan semangat rela berkorban untuk generasi,” ia menambahkan.

Hadir dalam upacara tersebut yakni Kasdam XIV/Patimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, serta para pejabat utama TNI dan Polri maupun unsur Forkopimda Maluku.

Martha Christina Tiahahu lahir di Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800. Almarhumah wafat di Laut Banda, Maluku, 2 Januari 1818. Almarhumah meninggal di usia yang masih sangat belia yaitu 17 tahun.

Martha Christina Tiahahu tercatat sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang unik. Dia merupakan seorang putri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817.

Di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekuen terhadap cita-cita perjuangannya. (Ant)